KISI KISI SOAL
TEMATIK “TEMA 4” KELAS 1
TEMA |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR SOAL |
SOAL |
|
2 |
Mata Pelajaran |
PKN |
|
|
3.1 |
Mengenal simbol sila sila pancasila dalam lambang negara
garuda pancasila. |
1. Disajikan soal,siswa mampu mengetahui simbol sila sila pncasila (pilgan no.1) 2. Disajikan soal,siswa mampu
mengidentikasikan contoh sikap dari sila pertama (pilgan no.2) |
Pilihan ganda 1. simbol sila pertama pancasila adalah .... (b. bintang) 2. berdoa sebelum memulai pelajaran , sesuai
dengan pengamalan pancasila sila ke .... (a. pertama) |
|
3.2 3.3 |
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah. Mengidentifikasi keberagaman
karakteristik individu dirumah. |
1. Disajikan soal,siswa mampu
menerapkan aturan yang berlaku dalam kehidupan keluarga. (pilgan no.3) 1. Disajikan soal, siswa
mampu menyebutkan panggilan untuk paman atau bibi 2. Disajikan soal,siswa
mampu menyebutkan tugas dari individu di rumah( pilgan no 4) |
3.jika ingin main kerumah temanmu,sebaiknya kamu... padaorang tuamu.( c.meminta izin) essay 1. sebutkan tiga aturan saat makan. ( uraian no 1) isian 2.makan pagi bersama menunjukkan ..keluarga.( isian no 2) Pilihan
ganda 4.
Adik laki laki dari
ibumu biasa kamu panggil...( a.bibi) Isian 1.
Tugas utama ayah
adalah..(.mencari nafkah )( isian no 1 ) |
|
Mata Pelajaran |
BAHASA INDONESIA |
|
|
|
3.8 |
Merinci ungkapan penyampaian terima
kasih, permintaan tolong dan pemberian pujian ,ajakan,pemberitahuan, perintah
dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara
lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah. |
2 .Disajikan soal , siswa mampu
menyampaikan ungkapan permintaan tolong yang benar dan sopan.( pilgan no 6) |
Pilihan
ganda 5. ketika dipinjami pensil oleh temanmu,maka kamu
mengucapkan ...( a.terima kasih) 6 .berikut termasuk
ungkapan permintaan tolong ygbenar adalah..( b. Tolong bantu aku mengambil
sapu ya..) |
|
3.9 |
Merinci kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri, keluarga dan orang-orang ditempat tinggalnya secara lisandan
tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. |
1. Disajikan soal, siswa
mampu mengetahui ungkapan perkenalan diri yang tepat.(pilgan no 7) 2. Disajikan soal, siswa
mampu melengkapi kalimat dengan kata yang tepat (isian no 3) 3. Disajikan soal, siswa mampu membuat kalimat
dengan kata yang telah disediakan. (essay no 2) |
7.sebelum
memperkenalkan diri sebaiknya mengucapkan...( c. Salam) Isian 3.
Rani :” dari mana
fan?” Fani : “ dari(warung)....,
aku disuruh ibu membeli gula dan tepung.” essay 2 Buatlah kalimat dengan menggunakan kata “ibu” ( ibu memasak di dapur) |
|
3.10 |
Menguraiakan kosakata hubungan
kekeluargaan melalui gambar/ bagan silsilah keluarga dalam bahasa indonesia
atau bahasa daerah. |
1. Disajikan soal, siswa
mampu mengungkapkan tentang hubungan kekeluargaan ( pilgan no 8) 2. Disajikan soal ,
siswa mampu mengidentifikasi anggota
keluarga. (isian no 4) |
8.sesama keluarga harus saling
..( b. Menyayangi) isian 4. keluarga inti terdiri dari
Ayah,Ibu dan ...( anak) |
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
MATEMATIKA |
|
|
|
3.5 |
Mengenal pola bilangan yang
berkaitan dengan kumpulan benda/gambar /gerakan atau lainnya. |
1. Disajikan sebuah gambar “3 kelompok buah jeruk”, peserta didik dapat menentukan baris bilangan buah jeruk yang ada. (pilgan no.9) |
Pilihan ganda 9. gambar jeruk,banyaknya 3,5,7(gambar jeruk) Baris bilangan yang tepat adalah....a (3,5,7) Essay 3.Lanjutkan pola bilangan
ditambah 2 berikut 7,...,...,.... (,9.11.13) |
|
3.6 |
Mengenal bangun datar dan bangun
ruang dengan menggunakan berbagai benda yang kongkret. |
|
Pilihan Ganda 10.Buku tulismu
berbentuk...(c.persegi panjang) 11.Contoh benda yang
berbentuk tabung adalah...(a. Botol aqua) Isian 5.Banyaknya sisi pada segi
empat ada...( 4) |
|
3.8 |
Mengenal dan menentukan panjang dan
berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda /situasi yang kongkret. |
|
Pilihan ganda 12. Buah apel lebih...dari buah semangka (b. ringan) Isian 6 .dua jengkal lebih... dari pada 2 depa ( pendek) |
|
Mata Pelajaran |
SBdP |
|
|
|
3.1 |
mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi |
1 .Disajikan
soal,siswa mampu menggambar dengan pola dasar garis lurus 2. Disajikan soal, siswa
mampu membuat gambar dengan alat pewarna . ( pilgan no 14) 3. Disajikan soal, siswa dapat menentukan
karya ekspresi 3 dimensi |
Pilihan ganda 13.menggambar garis lurus perlu menggunakan alat
....(a.penggaris) 14. supaya lebih menarik , gambar perlu...( b.
Diwarnai) Isian 7. patung merupakan karya seni rupa...dimensi (3) |
|
3.2 |
mengenal elemen musik melalui lagu |
1 Disajikan soal,
siswa mampu membedakan suara tinggi dan suara lemah ( pilgan no 15) 2 Disajikan
soal, siswa mampu memahami isi dari sebuah lagu.( essay no 4) |
Pilihan ganda 15. berteriak adalah
termasuk suara yang... ...(c. keras) Essay 4. pada lagu “ sayang
semuanya” siapa yang harus kita sayangi...( ayah,ibu,adik dan kakak) |
|
3.3 |
mengenal gerak anggota tubuh melalui tari |
3.3.1 disajikan
soal, siswa dapat menirukan gerakan kupu-kupu menggunakan kedua tangan (
isian no 8) |
Isian 8. Menirukan gerakan kupu-kupu dengan cara mengayunkan ...( kedua
tangan) |
|
3.4 |
mengenal bahan alam dalam berkarya |
3.4.1 Disajikan sebuah
pernyataan tentang kerajinan dari bahan alam, peserta didik dapat menentukan
bahan alam yang digunakan untuk membuat kerajian. (pilgan no.16) |
Pilihan Ganda 16. Meronce adalah merangkai benda menggunakan...( b. Tali) |
|
Mata Pelajaran |
PJOK |
|
|
|
3.1 |
memahami prosedur gerak dasar lokomotor dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan
sederhana |
3.2..1 Disajikan soal, siswa
mampu memahami tentang gerak dasar lokomotor. ( pilgan no 17) 3.2.2 Disajikan sebuah
pernyataan tentang gerak tubuh,siswa dapat memahami tentang aturan saat berlari 3.2.3. Disajikan
sebuah pernyataan tentang
permainan sederhana, siswa mampu menentukan alat untuk permainan sederhana. 3.2.4 Disajikan soal,siswa
mampu memahami tentang gerak lokomotor. 3.2.5 Disajikan sebuah
pernyataan tentang gerak lokomotor, siswa mampu memahami contoh gerak
lokomotor. 3.2.6 Disajikan sebuah
pernyataan,
siswa mampu menyebutkan jenis permainan tradisional tertentu. |
Pilihan Ganda 17.
Saat berjalan,
gerakan kaki harus beriringan dengan ayunan..(a. tangan) 18. Pandangan
mata saat berlari mengarah ke...( b. Depan) 19. Alat yang digunakan untuk bermainan lompat tali adalah...( a. tali
karet) 20.
Gerak lokomotor
terdiri dari berjalan, melompat dan...( c. Berlari) Isian 9.
Gerak berpindah
tempat disebut...( gerak lokomotor) 10.
Gerak katak melompat bertumpu pada...(
kaki) Essay 5.Apa nama permainan tradisional “ melompat dengan satu kaki”.
(engklek/tapak gunung) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar