Kamis, 11 Maret 2021

 

KISI  KISI SOAL

TEMATIK “TEMA 4” KELAS 1

 

TEMA

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR SOAL

SOAL

2

Mata Pelajaran

PKN

 

 

3.1

Mengenal simbol sila sila pancasila dalam lambang negara garuda pancasila.

1. Disajikan soal,siswa mampu mengetahui simbol sila sila pncasila (pilgan no.1)

 

2. Disajikan soal,siswa mampu mengidentikasikan contoh sikap dari sila pertama (pilgan no.2)

 

 

Pilihan ganda

1. simbol sila pertama pancasila adalah .... (b. bintang)

 

 

2. berdoa sebelum memulai pelajaran , sesuai dengan pengamalan pancasila sila ke .... (a. pertama)

 

 

 

3.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3

Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.

 

 

 

 

 

 

 

Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu dirumah.

1. Disajikan soal,siswa mampu menerapkan aturan yang berlaku dalam kehidupan keluarga.  (pilgan no.3)

 

 

 

 

 

 

 

1. Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan panggilan untuk paman atau bibi

2. Disajikan soal,siswa mampu menyebutkan tugas dari individu di rumah( pilgan no 4)

 

 

3.jika ingin main kerumah temanmu,sebaiknya kamu... padaorang tuamu.(  c.meminta izin)

essay

1. sebutkan tiga aturan saat makan.

   ( uraian no 1)

isian

2.makan pagi bersama menunjukkan ..keluarga.( isian no 2)

 

 

Pilihan ganda

 

4.      Adik laki laki dari ibumu biasa kamu panggil...( a.bibi)

Isian

1.      Tugas utama ayah adalah..(.mencari nafkah )( isian no 1 )

 

Mata Pelajaran

BAHASA INDONESIA

 

 

3.8

Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan tolong dan pemberian pujian ,ajakan,pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

  1. Disajikan soal, siswa dapat menyampaikan ungkapan terima kasih.( pilgan no 5)

 

     2 .Disajikan soal , siswa mampu menyampaikan ungkapan permintaan tolong yang benar dan sopan.( pilgan no 6)

 

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

5.  ketika  dipinjami pensil oleh temanmu,maka kamu mengucapkan ...( a.terima kasih)

6 .berikut termasuk ungkapan permintaan tolong ygbenar adalah..( b. Tolong bantu aku mengambil sapu ya..)

 

 

 

 

 

 

 

3.9

 

Merinci kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga dan orang-orang ditempat tinggalnya secara lisandan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

 

1. Disajikan soal, siswa mampu mengetahui ungkapan perkenalan diri yang tepat.(pilgan no 7)

2. Disajikan soal, siswa mampu melengkapi kalimat dengan kata yang tepat (isian no 3)

3.  Disajikan soal, siswa mampu membuat kalimat dengan kata yang telah disediakan. (essay no 2)

 

7.sebelum memperkenalkan diri sebaiknya mengucapkan...( c. Salam)

Isian

3.      Rani :” dari mana fan?”

Fani : “ dari(warung)...., aku disuruh ibu membeli gula dan tepung.”

essay

2 Buatlah kalimat dengan menggunakan kata “ibu”

( ibu memasak di dapur)

 

 

 

 

3.10

Menguraiakan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/ bagan silsilah keluarga dalam bahasa indonesia atau bahasa daerah.

1. Disajikan soal, siswa mampu mengungkapkan tentang hubungan kekeluargaan ( pilgan no 8)

2. Disajikan soal , siswa mampu mengidentifikasi  anggota keluarga. (isian no 4)

8.sesama keluarga harus saling ..( b. Menyayangi)

isian

4. keluarga inti terdiri dari Ayah,Ibu dan ...( anak)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mata Pelajaran

MATEMATIKA

 

 

3.5

Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar /gerakan atau lainnya.

1. Disajikan sebuah gambar “3 kelompok buah jeruk”, peserta didik dapat menentukan baris bilangan buah jeruk yang ada. (pilgan no.9)

 

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

9. gambar jeruk,banyaknya 3,5,7(gambar jeruk)

Baris bilangan yang tepat adalah....a (3,5,7)

 

Essay

3.Lanjutkan pola bilangan ditambah 2 berikut

7,...,...,....          (,9.11.13)

3.6

Mengenal bangun datar dan bangun ruang dengan menggunakan berbagai benda yang kongkret.

  1. Disajikan soal,peserta didik dapat menentukan bentuk bangun datar ( pilgan no 10)

 

  1. Disajikan soal, siswa mampu menentukan contoh bentuk bangun ruang.( pilgan no 11)

 

 

 

  1. Disajikan soal, siswa dapat menentukan banyaknya sisi bangun datar.

 

 

Pilihan Ganda

10.Buku tulismu berbentuk...(c.persegi panjang)

11.Contoh benda yang berbentuk tabung adalah...(a. Botol aqua)

Isian

5.Banyaknya sisi pada segi empat ada...( 4)

3.8

Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda /situasi yang kongkret.

  1. Disajikan soal, siswa dapat menetukan perbandingan berat benda
  2. Disajikan soal, siswa mampu menentukan panjang benda dengan satuan tidak baku.

Pilihan ganda

12. Buah apel lebih...dari  buah semangka (b. ringan)

 

Isian

6 .dua jengkal lebih... dari pada 2 depa

( pendek)

 

 

 

Mata Pelajaran

SBdP

 

 

3.1

mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi

1 .Disajikan soal,siswa mampu menggambar dengan pola dasar garis lurus

 

 

 2.  Disajikan soal, siswa mampu membuat gambar dengan alat pewarna . ( pilgan no 14)

 3. Disajikan soal, siswa dapat menentukan karya ekspresi 3 dimensi

Pilihan ganda

13.menggambar garis lurus perlu menggunakan alat ....(a.penggaris)

 

 

14. supaya lebih menarik , gambar perlu...( b. Diwarnai)

Isian

7. patung merupakan karya seni rupa...dimensi (3)

 

3.2

 

mengenal elemen musik melalui lagu

 

1 Disajikan soal, siswa mampu membedakan suara tinggi dan suara lemah ( pilgan no 15)

2 Disajikan soal, siswa mampu memahami isi dari sebuah lagu.( essay no 4)

 

Pilihan ganda

15. berteriak adalah termasuk suara yang... ...(c. keras)

 

Essay

4. pada lagu “ sayang semuanya” siapa yang harus kita sayangi...( ayah,ibu,adik dan kakak)

3.3

mengenal gerak anggota tubuh melalui tari

3.3.1 disajikan soal, siswa dapat menirukan gerakan kupu-kupu menggunakan kedua tangan ( isian no 8)

Isian

8.      Menirukan gerakan kupu-kupu dengan cara mengayunkan ...( kedua tangan)

3.4

mengenal bahan alam dalam berkarya

3.4.1 Disajikan sebuah pernyataan tentang kerajinan dari bahan alam, peserta didik dapat menentukan bahan alam yang digunakan untuk membuat kerajian. (pilgan no.16)

Pilihan Ganda

16.  Meronce adalah merangkai benda menggunakan...( b. Tali)

 

 

Mata Pelajaran

PJOK

 

 

3.1

memahami prosedur gerak dasar lokomotor dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan sederhana

3.2..1 Disajikan soal, siswa mampu memahami tentang gerak dasar lokomotor. ( pilgan no 17)

 

3.2.2 Disajikan sebuah pernyataan tentang gerak tubuh,siswa dapat memahami tentang aturan saat berlari

3.2.3. Disajikan sebuah pernyataan  tentang permainan sederhana, siswa mampu menentukan alat untuk permainan sederhana.

3.2.4 Disajikan soal,siswa mampu memahami tentang gerak lokomotor.

 

3.2.5 Disajikan sebuah pernyataan tentang gerak lokomotor, siswa mampu memahami contoh gerak lokomotor.

 

 

 

 

 

3.2.6 Disajikan sebuah pernyataan, siswa mampu menyebutkan jenis permainan tradisional tertentu.

Pilihan Ganda

17.  Saat berjalan, gerakan kaki harus beriringan dengan ayunan..(a. tangan)

18.  Pandangan mata saat berlari mengarah ke...( b. Depan)

 

19.  Alat yang digunakan untuk bermainan lompat tali adalah...( a. tali karet)

 

 

20. Gerak lokomotor terdiri dari berjalan, melompat dan...( c. Berlari)

 

Isian

 

9.       Gerak berpindah tempat disebut...( gerak lokomotor)

10.    Gerak katak melompat bertumpu pada...( kaki)

 

 

Essay

 

5.Apa nama permainan tradisional “ melompat dengan satu kaki”. (engklek/tapak gunung)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Lisence by Mohib Asrori | Copright | 2020