KISI KISI SOAL
TEMATIK “TEMA 2” KELAS 1
TEMA |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR SOAL |
SOAL |
|||||||||||||||||||||||||||
2 |
Mata Pelajaran |
PKN |
|
|
||||||||||||||||||||||||||
3.2 |
Mengurutkan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah |
3.2.1 Disajikan sebuah penyataan
singkat dengan tema “aturan di rumah”, peserta didik dapat menentukan jawaban
yang tepat. (pilgan no.1) 3.2.2 Disajikan sebuah penyataan
singkat deangan tema “aturan saat makan”, peserta didik dapat menentukan
aturan yang tepat setelah makan. (pilgan no.2) 3.2.3 Disajikan pernyataan tentang
tata tertib di rumah, peserta didik dapat menjawab dengan tepat (esay no.1) 3.2.4 Disajikan sebuah pernyataan
tentang aturan sebelum makan, peserta didik dapat menyebutkan aturan/ tata
tertib sebelum makan. (uraian no.1) |
Pilihan ganda 1. Menaati aturan di rumah adalah perbuatan
yang .... (a. terpuji) 2. Selesai makan sebaiknya .... (b. mencuci tangan) Esay 1.
Tata tertib dirumah harus kita .... (Patuhi/ taati ) Uraian 1.
Sebutkan 2
contoh aturan sebelum makan! (berdo’a, mencuci
tangan) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.3 |
Memahami
keberagaman individu di rumah |
3.3.1 Disajikan sebuah teks
singkat tentang “perbedaan kegemaran anak”, peserta didik dapat menentukan
kegemaran salah satu anak. (pilgan no.3) 3.3.2 Disajikan sebuah teks
singkat tentang “perbedaan kegemaran anak”, peserta didik dapat menentukan
sikap yang baik dalam berteman. (pilgan no.4) 3.3.3 Disajikan sebuah pernyataan
tentang aturan saat makan, peserta didik dapat menentukan anggota tubuh yang
benar yang digunakan saat makan. (esay no.2) |
Pilihan Ganda Teks untuk mengerjakan soal nomer 3
sampai 4 Udin, Edo, Beni dan Lani gemar berolahraga. Edo suka berlari. Udin
suka bersepeda. Beni dan Lani suka olahraga kasti. Walaupun mereka berbeda kegemaran, mereka sering berolahraga bersama. 3.
Olahraga kegemaran
Edo adalah .... (a. berlari) 4.
Walapun kegemaran
mereka berbeda tetapi mereka tetap hidup . . . (b. rukun) Esay 5. Saat makan sebaiknya menggunakan
tangan .... (kanan) |
|||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
BAHASA INDONESIA |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
3.1 |
memahami kegiatan persiapan membaca permulaan
(cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku,
cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat) |
3.1.1
Disajikan sebuah gambar “cara duduk yang benar saat menulis”, peserta
didik dapat menentukan posisi duduk yang benar saat menulis. (pilgan no.5) 3.1.2
Disajikan sebuah pernyataan tentang cara membalik halaman, peserta
didik dapat menentukan cara membalik halaman yang benar. (esay no.3) 3.1.3 Disajikan sebuah pernyataan
tentang posisi badan saat membaca, peserta didik dapat menyebutkan posisi
badan yang benar saat membaca (uraian no.2) |
Pilihan Ganda 5.
Perhatikan gambar di samping! Dari gambar tersebut
menunjukkan posisi duduk yang benar adalah . . . . (c. tegak) Esay 3. Membuka buku sebaiknya dilakukan
dengan . . . agar tidak sobek.
(pelan/hati-hati) Uraian 2.
Bagaimana
posisi badan yang benar saat membaca?
(duduk tegak) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.2 |
memahami kegiatan persiapan menulis permulaan
(cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata
dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar |
3.2.1 Disajikan sebuah penyataan
singkat dengan tema “kebutuhan cahaya saat membaca”, peserta didik dapat
menyebutkan kebutuhan cahaya yang tepat saat membaca. (pilgan no.6) 3.2.2 Disajikan sebuah pernyataan
tentang jarak antara mata dengan buku, siswa dapat menentukan jarak mata
dengan buku. (esay no.4) |
Pilihan
ganda 6. Udin membaca buku ditempat yang .
. . cahayanya (a. terang) Esay 4. Saat membaca
sebaiknya jarak antara mata dengan buku adalah . . . cm. (30 cm) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.5 |
memahami kosakata tentang cara memelihara
kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) |
3.5.1 Disajikan sebuah gambar
“cara duduk yang salah saat membaca”, peserta didik dapat menentukan
dampaknya bagi kesehatan (pilgan no.7) |
Pilihan
ganda 7. Gambar
disamping menunjukkan posisi membaca yang salah,karena dapat merusak
kesehatan . . . . (a. mata) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.11 |
memahami puisi anak/syair lagu (berisi
ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau
persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan |
3.11.1 Disajikan sebuah lirik lagu
“kasih ibu” , peserta didik dapat menentukan isi lagu. (pilgan no.8) 3.11.2 disajikan sebuah potongan
lirik lagu “Kasih ibu”, peserta didik dpaat melanjutkan lirik lagu yang ada.
(esay no. 5) |
Pilihan
Ganda 8. Lagu disamping menunjukkan kasih sayang
kita terhadap . . . . (b. ibu) Esay 5.
Kasih ibu kepada
beta Tak terhingga sepanjang . . . . Lanjutan lirik lagu tersebut adalah . . . . (masa) |
|||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
MATEMATIKA |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
3.4 |
menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99 |
3..4.1 Disajikan sebuah gambar
“dua kelompok buah jeruk”, peserta didik dapat menentukan jumlah buah jeruk
yang ada. (pilgan no.9) 3.4.2 Disajikan sebuah teks singkat tentang
“pengurangan bilangan dari 10-1”, peserta didik dapat menentukan hasul dari
pengurangan dua buah bilangan. (pilgan no.10) 3.4.3 Disajikan sebuah pernyataan
tentang “pengurangan bilangan 20-1”, peserta didik dapat menentuhkan hasil
pengurangan dari dua bilangan. (esay no.6) |
Pilihan Ganda 9.
+
= . .
. . Jumlah buah jeruk di atas sebanyak . . . . (c.
14) Pilihan Ganda 10. Edo mempunyai 10 pensil,diberikan kepada Udin 3 pensil.Sisa pensil Edo tinggal . . . . (a. 7) Esay 6.
Ada 9 gelas dimeja.
2 gelas pecah. Sisa gelas yang masih utuh adalah .... (7) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.5 |
mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan
kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya |
3.5.1 Disajikan sebuah gambar
tentang “pola gambar”, peserta didik dapat menentukan pola gambar yang tepat.
(pilgan no.11) 3.5.2 Disajikan deret pola gambar
bangun datar, peserta didik dapat melengkapi pola gambar yang ada. (uraian
no.3) |
Pilihan Ganda 11.
Gambar yang tepat untuk melengkapi pola gambar di
atas adalah . . .. (c. ) Uraian 1.
Lengkapilah pola gambar dibawah ini! …
.... …
( ) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.6 |
mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan
menggunakan berbagai benda konkret |
3.6.1 Disajikan sebuah gambar
bangun ruang, peserta didik dapat menentukan bentuk bangun ruang sesuai
gambar. (pilgan no.12) 3.6.2 Disajikan dua buah bangun
ruang, peserta didik dapat menentukan bentuk dari bangun ruang tersebut.
(esay no.7) |
Pilihan
Ganda 12. bangun
disamping berbentuk . . . . (a. balok) Esay 7.
Gelas dan kaleng
memiliki bentuk . . . . (tabung) |
|||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
SBdP |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
3.1 |
mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi |
3.1.1 Disajikan sebuah pernyataan singkat tentang
“percampuran dua buah warna”, peserta didik dapat menentukan hasil dari
pencampuran dua buah warna. (pilgan no. 13) 3.1.2 Disajikan sebuah
pernyataan tentang alat yang digunakan untuk melukis, siswa dapat menentukan
kegunaan dari alat tersebut. (esay no.8) 3.1.3 Disajikan sebuah
pernyataan tentang peralatan yang digunakan untuk menggambar, peserta didik
dapat menyebutkan peralatan yang digunakan untuk menggambar. (uraian no.4) |
Pilihan Ganda 13. Warna merah dan kuning, jika dicampurkan akan menghasilkan warna . . . . (a. orange) Esay 8.
Krayon adalah
alat yang digunakan untuk .... (mewarnai) Uraian 4. Sebutkan 3 alat untuk
menggambar! (krayon,
pensil warna, cat air, buku gambar,dkk) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.2 |
mengenal elemen musik melalui lagu |
3.2.1 Disajikan lirik
lagu, peserta didik dapat menentukan pencipta dari lagu yang ada. (pilgan
no.14) |
Pilihan Ganda 14. Lagu
“Ayo Makan Bersama” diciptakan oleh…. (b. pak kasur) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.3 |
mengenal gerak anggota tubuh melalui tari |
3.3.1 Disajikan sebuah
pernyataan tentang “gerak”, peserta didik dapat menentukan contoh gerak
lambat. (pilgan no.15) |
Pilihan Ganda 15. Contoh gerak lambat adalah . . . . (c. kupu
kupu terbang) |
|||||||||||||||||||||||||||
3.4 |
mengenal bahan alam dalam berkarya |
3.4.1 Disajikan sebuah
pernyataan tentang kerajinan dari bahan alam, peserta didik dapat menentukan
bahan alam yang digunakan untuk membuat kerajian. (pilgan no.16) 3.4.2 Disajikan sebuah
pernyataan tentang alat yang digunakan untuk mencetak gambar, peserta didik
dapat menentukan bahan alam yang digunakan untuk mencetak gambar. (esay no.9) |
Pilihan Ganda 16. Contoh bahan alam untuk membuat kerajinan adalah .... (b. daun
kering) Esay 9. Contoh bahan alam yang digunakan untuk
mencetak gambar adalah .... (pelepah batang pisan,dkk) |
|||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
PJOK |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
3.2 |
memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan
sederhana |
3.2..1 Disajikan
sebuah pernyataan singkat tentang kegiatan yang dilakukan sebelum
berolahraga, peserta didik dapat menentukan kegitan yang dilakukan sebelum
berolahraga. (pilgan no.17) 3.2.2 Disajikan sebuah
pernyataan tentang gerak tubuh, peserta didik dapat menentukan manfaat dari
salah satu gerak anggota tubuh. (pilgan no.18) 3.2.3. Disajikan
sebuah pernyataan tentang permainan sederhana, peserta didik dapat menentukan
cara memainkan alat olahraga. (pilgan no.19) 3.2.4 Disajikan sebuah
pernyataan tentang gerak anggota tubuh, peserta didik dapat menentukan
manfaat dari salah satu gerak anggota tubuh. (pilgan no.20) 3.2.5 Disajikan sebuah
pernyataan tentang gerak nonlokomotor, peserta didik dapat menentukan contoh
gerak nonlokomotor. (esay no.10) 3.2.6 Disajikan sebuah
gambar contoh gerak nonlokomotor, peserta didik dapat menjelaskan contoh
gerak nonlokomotor. (uraian no.5) |
Pilihan Ganda 17.
Sebelum berolahraga sebaiknya kita melakukan .... (c.
pemanasan) 18. Gerak tarik menarik dapat melatih kekuatan otot . . . . (b.
tangan) 19.
Simpai dimainkan
dengan cara diletakkan di .... (a. pinggang) 20.
Gerak meliukkan
badan melatih . . . otot (c. kelenturan) Esay 10.
Contoh gerakan
nonlokomotor adalah . . . .(mendorong tembok, dkk) Uraian 5.
Gambar disamping adalah contoh gerakan
nonlokomotor. Gerakan apakah yang sedang
dilakukan oleh anak pada gambar disamping? (tarik
menarik) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar