Kamis, 11 Maret 2021

 

KISI  KISI SOAL

TEMATIK “TEMA 2” KELAS 1

 

TEMA

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR SOAL

SOAL

2

Mata Pelajaran

PKN

 

 

3.2

Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.1 Disajikan sebuah penyataan singkat dengan tema “aturan di rumah”, peserta didik dapat menentukan jawaban yang tepat. (pilgan no.1)

 

3.2.2 Disajikan sebuah penyataan singkat deangan tema “aturan saat makan”, peserta didik dapat menentukan aturan yang tepat setelah makan. (pilgan no.2)

 

3.2.3 Disajikan pernyataan tentang tata tertib di rumah, peserta didik dapat menjawab dengan tepat (esay no.1)

 

3.2.4 Disajikan sebuah pernyataan tentang aturan sebelum makan, peserta didik dapat menyebutkan aturan/ tata tertib sebelum makan. (uraian no.1)

Pilihan ganda

1. Menaati aturan di rumah adalah perbuatan yang .... (a. terpuji)

 

 

2. Selesai makan sebaiknya ....  

(b. mencuci tangan)

 

 

 

Esay

1.      Tata tertib dirumah harus kita .... (Patuhi/ taati )

 

Uraian

1.      Sebutkan 2 contoh aturan sebelum makan! (berdo’a, mencuci tangan)

 

3.3

Memahami  keberagaman individu di rumah

3.3.1 Disajikan sebuah teks singkat tentang “perbedaan kegemaran anak”, peserta didik dapat menentukan kegemaran salah satu anak. (pilgan no.3)

 

 

 

 

 

 

 

3.3.2 Disajikan sebuah teks singkat tentang “perbedaan kegemaran anak”, peserta didik dapat menentukan sikap yang baik dalam berteman. (pilgan no.4)

 

3.3.3 Disajikan sebuah pernyataan tentang aturan saat makan, peserta didik dapat menentukan anggota tubuh yang benar yang digunakan saat makan. (esay no.2)

Pilihan Ganda

Teks untuk mengerjakan soal nomer 3 sampai 4

Udin, Edo, Beni dan Lani gemar berolahraga. Edo suka berlari. Udin suka bersepeda.

Beni dan Lani suka olahraga kasti.

Walaupun mereka berbeda kegemaran, mereka sering berolahraga bersama.

3.      Olahraga kegemaran Edo adalah .... (a. berlari)

4.      Walapun kegemaran mereka berbeda tetapi mereka tetap hidup . . . (b. rukun)

 

 

Esay

5.  Saat makan sebaiknya menggunakan tangan .... (kanan)

Mata Pelajaran

BAHASA INDONESIA

 

 

3.1

memahami kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat)

3.1.1        Disajikan sebuah gambar “cara duduk yang benar saat menulis”, peserta didik dapat menentukan posisi duduk yang benar saat menulis. (pilgan no.5)

 

 

 

 

 

 

3.1.2        Disajikan sebuah pernyataan tentang cara membalik halaman, peserta didik dapat menentukan cara membalik halaman yang benar. (esay no.3)

 

3.1.3 Disajikan sebuah pernyataan tentang posisi badan saat membaca, peserta didik dapat menyebutkan posisi badan yang benar saat membaca (uraian no.2)

Pilihan Ganda

5.   Perhatikan gambar di samping!

Dari gambar tersebut menunjukkan posisi duduk yang benar adalah . . . . (c. tegak)

 

Esay

3.      Membuka buku sebaiknya dilakukan dengan . . . agar tidak sobek. (pelan/hati-hati)

 

 

Uraian

2.      Bagaimana posisi badan yang benar saat membaca? (duduk tegak)

 

3.2

memahami kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar

3.2.1 Disajikan sebuah penyataan singkat dengan tema “kebutuhan cahaya saat membaca”, peserta didik dapat menyebutkan kebutuhan cahaya yang tepat saat membaca. (pilgan no.6)

3.2.2 Disajikan sebuah pernyataan tentang jarak antara mata dengan buku, siswa dapat menentukan jarak mata dengan buku. (esay no.4)

Pilihan ganda

6.      Udin membaca buku ditempat yang   . . . cahayanya (a. terang)

 

 

Esay

4.      Saat membaca sebaiknya jarak antara mata dengan buku adalah . . . cm. (30 cm)

 

 

 

 

 

3.5

memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)

3.5.1 Disajikan sebuah gambar “cara duduk yang salah saat membaca”, peserta didik dapat menentukan dampaknya bagi kesehatan (pilgan no.7)

Pilihan ganda

7.      Gambar disamping menunjukkan posisi membaca yang salah,karena dapat merusak kesehatan . . . . (a. mata)

3.11

memahami puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan

3.11.1 Disajikan sebuah lirik lagu “kasih ibu” , peserta didik dapat menentukan isi lagu. (pilgan no.8)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.11.2 disajikan sebuah potongan lirik lagu “Kasih ibu”, peserta didik dpaat melanjutkan lirik lagu yang ada. (esay no. 5)

Pilihan Ganda

8.      Lagu disamping menunjukkan kasih sayang kita terhadap . . . . (b. ibu)

 

Esay

5.      Kasih ibu kepada beta

Tak terhingga sepanjang . . . .

Lanjutan lirik lagu tersebut adalah . . . . (masa)

 

Mata Pelajaran

MATEMATIKA

 

 

3.4

menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99

3..4.1 Disajikan sebuah gambar “dua kelompok buah jeruk”, peserta didik dapat menentukan jumlah buah jeruk yang ada. (pilgan no.9)

 

 

 

 

 

3.4.2  Disajikan sebuah teks singkat tentang “pengurangan bilangan dari 10-1”, peserta didik dapat menentukan hasul dari pengurangan dua buah bilangan. (pilgan no.10)

 

3.4.3 Disajikan sebuah pernyataan tentang “pengurangan bilangan 20-1”, peserta didik dapat menentuhkan hasil pengurangan dari dua bilangan. (esay no.6)

Pilihan Ganda

9.       +  = . . . .

Jumlah buah jeruk di atas sebanyak . . . . (c. 14)

 

Pilihan Ganda

10.  Edo mempunyai 10 pensil,diberikan kepada Udin 3 pensil.Sisa pensil Edo tinggal . . . . (a. 7)

 

Esay

6.      Ada 9 gelas dimeja. 2 gelas pecah. Sisa gelas yang masih utuh adalah .... (7)

 

3.5

mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

3.5.1 Disajikan sebuah gambar tentang “pola gambar”, peserta didik dapat menentukan pola gambar yang tepat. (pilgan no.11)

 

 

 

 

 

 

3.5.2 Disajikan deret pola gambar bangun datar, peserta didik dapat melengkapi pola gambar yang ada. (uraian no.3)

Pilihan Ganda

11.     

Gambar yang tepat untuk melengkapi pola gambar di atas adalah . . ..

(c. )

 

Uraian

1.      Lengkapilah pola gambar dibawah ini!

                                               

 


....                                    

 


(                              )

                                      

3.6

mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret

3.6.1 Disajikan sebuah gambar bangun ruang, peserta didik dapat menentukan bentuk bangun ruang sesuai gambar. (pilgan no.12)

 

 

 

3.6.2 Disajikan dua buah bangun ruang, peserta didik dapat menentukan bentuk dari bangun ruang tersebut. (esay no.7)

Pilihan Ganda

12.  bangun disamping berbentuk . . . . (a. balok)

 

Esay

7.      Gelas dan kaleng memiliki bentuk . . . . (tabung)

 

Mata Pelajaran

SBdP

 

 

3.1

mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi

3.1.1  Disajikan sebuah pernyataan singkat tentang “percampuran dua buah warna”, peserta didik dapat menentukan hasil dari pencampuran dua buah warna. (pilgan no. 13)

3.1.2 Disajikan sebuah pernyataan tentang alat yang digunakan untuk melukis, siswa dapat menentukan kegunaan dari alat tersebut. (esay no.8)

3.1.3 Disajikan sebuah pernyataan tentang peralatan yang digunakan untuk menggambar, peserta didik dapat menyebutkan peralatan yang digunakan untuk menggambar. (uraian no.4)

Pilihan Ganda

13.  Warna merah dan kuning, jika dicampurkan akan menghasilkan warna . . . . (a. orange)

 

Esay

8.     Krayon adalah alat yang digunakan untuk .... (mewarnai)

 

Uraian

4.      Sebutkan 3 alat untuk menggambar! (krayon, pensil warna, cat air, buku gambar,dkk)

 

3.2

mengenal elemen musik melalui lagu

3.2.1 Disajikan lirik lagu, peserta didik dapat menentukan pencipta dari lagu yang ada. (pilgan no.14)

Pilihan Ganda

14.  Lagu “Ayo Makan Bersama” diciptakan oleh…. (b. pak kasur)

3.3

mengenal gerak anggota tubuh melalui tari

3.3.1 Disajikan sebuah pernyataan tentang “gerak”, peserta didik dapat menentukan contoh gerak lambat. (pilgan no.15)

Pilihan Ganda

15.  Contoh gerak lambat adalah . . . . (c. kupu kupu terbang)

3.4

mengenal bahan alam dalam berkarya

3.4.1 Disajikan sebuah pernyataan tentang kerajinan dari bahan alam, peserta didik dapat menentukan bahan alam yang digunakan untuk membuat kerajian. (pilgan no.16)

3.4.2 Disajikan sebuah pernyataan tentang alat yang digunakan untuk mencetak gambar, peserta didik dapat menentukan bahan alam yang digunakan untuk mencetak gambar. (esay no.9)

Pilihan Ganda

16.  Contoh bahan alam untuk membuat kerajinan adalah .... (b. daun kering)

 

 

Esay

9.      Contoh bahan alam yang digunakan untuk mencetak gambar adalah  .... (pelepah batang pisan,dkk)

 

Mata Pelajaran

PJOK

 

 

3.2

memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan sederhana

3.2..1 Disajikan sebuah pernyataan singkat tentang kegiatan yang dilakukan sebelum berolahraga, peserta didik dapat menentukan kegitan yang dilakukan sebelum berolahraga. (pilgan no.17)

3.2.2 Disajikan sebuah pernyataan tentang gerak tubuh, peserta didik dapat menentukan manfaat dari salah satu gerak anggota tubuh. (pilgan no.18)

3.2.3. Disajikan sebuah pernyataan tentang permainan sederhana, peserta didik dapat menentukan cara memainkan alat olahraga. (pilgan no.19)

3.2.4 Disajikan sebuah pernyataan tentang gerak anggota tubuh, peserta didik dapat menentukan manfaat dari salah satu gerak anggota tubuh. (pilgan no.20)

3.2.5 Disajikan sebuah pernyataan tentang gerak nonlokomotor, peserta didik dapat menentukan contoh gerak nonlokomotor. (esay no.10)

 

 

3.2.6 Disajikan sebuah gambar contoh gerak nonlokomotor, peserta didik dapat menjelaskan contoh gerak nonlokomotor. (uraian no.5)

Pilihan Ganda

17.  Sebelum berolahraga sebaiknya kita melakukan .... (c. pemanasan)

 

 

18.  Gerak tarik menarik dapat melatih kekuatan otot . . . . (b. tangan)

 

 

19. Simpai dimainkan dengan cara diletakkan di .... (a. pinggang)

 

 

20.  Gerak meliukkan badan melatih . . . otot (c. kelenturan)

 

 

Esay

10. Contoh gerakan nonlokomotor adalah . . . .(mendorong tembok, dkk)

 

Uraian

5.      Gambar disamping adalah contoh gerakan nonlokomotor. Gerakan apakah yang sedang dilakukan oleh anak pada gambar disamping? (tarik menarik)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Lisence by Mohib Asrori | Copright | 2020