Kamis, 11 Maret 2021

 

Kisi-Kisi Soal UAS Tematik Kelas I semester 1

Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

 

Tema I

No.

Muatan Pelajaran

Kompetensi Dasar

Jenis Soal

Kisi-kisi / Uraian Soal

Nomor Soal

Skor Maks

1.

PPKn

3.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3

 

 

 

 

 

 

 

Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

 

 

 

 

 

 

 

Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.

PG

Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari dirumah

1

1

Sebelum tidur sebaiknya kita ….

    a. menggosok gigi                              b. bermain                                             c. makan

PG

Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku sehari hari disekolah

2

1

Ani setiap akan berangkat kesekolah selalu…dengan orang tua

   a. minta uang saku                             b. berpamitan                                        c. marah

PG

Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan fisik anak laki-laki dan perempuan

3

1

Yang termasuk cirri-ciri laki-laki adalah

   a. memakai rok                                   b. berambut panjang                               c.berambut pendek

PG

Peserta didik dapat mengidentifikasi perbdaan fisik anak laki-laki dan perempuan

4

1

Kurus dan gemuk adalah contoh keberagaman……….

   a. fisik                                              b. agama                                               c. kebudayaan

Isian

Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain

 

1

2

 Anak yang selalu menang sendiri akan                        .…                teman

Isian

Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku sehari hari disekolah

 

2

2

Yang harus mematuhi peraturan dirumah  adalah                       ….                          

Uraian

Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari dirumah

 

1

3

Bagaimana sikapmu jika memiliki teman yang berkulit hitam,

     Sedangkan kamu berkulit putih !

2

Bahasa Indonesia

 

3.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3

 

 

 

 

 

 

3.4

 

 

 

 

 

Menjelaskan  kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.

Mengemuka-kan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan

 

 

Menguraikan lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah

 

Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan

 

 

PG

Peserta didik dapat membedakan cara duduk yang benar saat belajar

5

1

                                    Gambar disamping ini menunjukkan bahwa Adi sedang…………

 

                                a. melihat                         b. membaca                              c. menulis

 

PG

Peserta didik dapat membedakan huruf vocal dan konsonan

6

1

is t i m e w a  huruf konsonan yang terdapat pada kata disamping adalah ….

    a. s t m j                                                      b. s t m w                                             c.i s t i

PG

Peserta didik mampu menggunakan anggota tubuh sesuai manfaatnya

7

1

 

Aku mendengarkan suara musik dengan kedua… .

     a. telinga                                                                          b. tangan                                                               c. mata

 

 

PG

Peserta didik mampu memlihara kesehatan tubuh

8

1

Untuk membersihkan gigi kita menggunakan………

     a. pasta gigi                                                     b. sabun                                                                c. sampo

Isian

Peserta didik mampu membedakan cara membaca yang benar

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

2

 

 

Dibawah ini adalah contoh kebiasaan membaca yang              . .  .

 

 

 

 

 

Peserta didik mampu menyusun huruf menjadi kata yang benar

Huruf disamping  "e- l- t- i- n- a- g" bila disusun menjadi nama salah satu anggota tubuh, yaitu      ...

Uraian

 

 

Peserta didik dapat mengetahui akibat dari penggunaan panca indra yang kurang benar

 

 

 

2

 

 

 

2

 

 

 

Apa akibatnya jika membaca ditempat yang gelap ?

3

Matematika

3.1

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2

 

 

 

 

 

 

 

3.3

 

 

 

 

 

 

 

3.4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.

 

 

 

Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

 

Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda- benda konkret

 

 

Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

 

 

 

PG

Peserta didik mampu menghitung kumpulan suatu benda

 

9

 

1

                                                                                  

                                                       Jumlah gambar disamping ada…………….

 

 

      

 

 

                                                a. 9                          b. 10                            c. 11

PG

Peserta didik mampu membandingkan dua kumpulan benda yang dilihatnya

10

1

                                                                               yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah…………

 

 

     a. sama dengan                                                              b. sedikit                                                                c. banyak

PG

 

11

1

Urukan bilangan disamping dari yang terbesar ( 2, 5, 3, 4, )

     a. 5, 4, 3, 2,                                                                      b. 4, 5, 2, 3                                                            c. 2, 3, 4, 5

PG

Peserta didik mampu melakukan penjumlahan dari benda yang dilihatnya

12

1

Hasil penjumlahan dari buku dibawah adalah…………..

 

 

 

 

 

 

                a. 16                                                                       b. 18                                                                       c. 17

Isian

Peserta didik dapat membandingkan dua kumpulan benda yang dilihatnya

5

2

Gunakan kata lebih dari, kurang dari, atau sama dengan.

 

 

Isian

 

6

2

Hasil pengurangan dari gambar di bawah ini  adalah ….

 

Peserta didik mampu melengkapi bilangan yang masih kosong

Lengkapilah angka dibawah ini dengan urutan yang benar

 

 

 

 

 

4

SBDP

3.1

 

 

 

 

 

3.2

 

 

 

 

 

3.3

 

 

 

 

3.4

Mengenal karya  ekspresi dua dan tiga dimensi

 

 

 

 

Mengenal elemen musik melalui lagu

 

 

 

Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari

 

 

 

Mengenal bahan alam dalam berkarya

PG

Peserta didik mampu membedakan suara

13

1

Teman kamu mempunyai suara yang berbeda-beda.

       Suara yang berbeda itu dinamakan…………….

       a. warna suara                                              b. nada dasar                                       c. warna music

PG

 

14

1

Anggota tubuh yang disebutkan dalam lagu

                                                                                 “ kepala pundak lutut kaki “ adalah…..

 

                                                       a. leher                           b. dahi                    c. pipi

 

PG

 

15

1

Melukis dengan menggunakan jari dinamakan….

       a. menggambar                                                            b. pinger painting                                                c. mewarnai

 

 

PG

 

16

1

                                                                                Bahan dasar dari boneka disamping adalah…

 

                                                a. kulit jagung                       b. kertas                                                 c. plastic

 

 

 

Isian

Peserta didik mampu mengidentifikasi bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat karya seni

7

2

Bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat hiasan adalah       

Isian

Peserta didik mampu menjelaskan arti kolase

 

 

 

 

 

Uraian

Kolase adalah melukis dengan cara

8

 

4

2

 

4. Beni menggambar dengan jari, dinamakan dengan istilah !

 

5

PJOK

3.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

 

 

Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional

 

Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

Pesertadidik mampu mengidentifikasi gerak  lokomotor dan gerak non lokomotor

 

 

 

17

 

 

 

1

Gerak melangkahkan kaki disebut…

       a.berlari                                                          b. melompat                                                          c. berjalan

 

PG

Peserta didik mampu mengidentifikasi  kegiatan sebelum berolahraga

18

1

. Sebelum olah raga kita harus melakukan….

       a.pemanasan                                                                b. melompat                                                          c. berjalan

PG

Peserta didik  mampu mengidentifikasi bagian bagian tubuh yang boleh dipegang oleh orang lain dan yang  tidak boleh dipegang oleh orang lain

19

1

Bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain adalah…

       a.mata                                                                             b. tangan                                                               c. kaki

PG

peserta didik mampu megidentifikasi kegunaan anggota tubuh

20

1

Adi sedang…bola

 

                                                      a. melempar                   b. menendang                      c. memukul

 

                               

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik mampu melakukan permainan tradisional

 

 

isian

Nama permaian dibawah ini adalah . . . .

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

Peserta didik mampu mengiudentifikasialat  - alat  yang digunakan dalam berolahraga

 

 

Isian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

uraian

Alat yang diperlukan untuk bermain pada gambar diatas adalah . . . .

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

2

 

 

 

5.Dayu sedang bermain apa



 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Lisence by Mohib Asrori | Copright | 2020